Geliat Taratak Teleng, Terbebas Dari Blank Spot

Geliat Taratak Teleng, Terbebas Dari Blank Spot

- in Headline, News, SOLOK
481
0

SOLOK, bakaba.net – Selama beberapa bulan masuk kawasan jaringan internet Wi-Fi, kini Jorong Taratak Teleng, Nagari Sariak Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok bisa menikmati jaringan telekomunikasi  internet dengan lancar.

Meskipun jaringan internet Wi-Fi sudah bisa di akses di Jorong Taratak Teleng, Nagari Sariak Alahan Tigo. Namun, untuk melakukan panggilan via telepon, harus mencari tempat-tempat perbukitan untuk bisa berkomunikasi keluar.

Kualitas sinyal yang dimiliki Provider telekomunikasi di tiap wilayah tentunya tidak sama. Ada yang sinyalnya kuat, namun ada juga yang lemah. Disaat jaringan di perbukitan lemah, Masyarakat Jorong Taratak Teleng pergi ke Nagari tetangga untuk bisa berkomunikasi via telepon.

Kini, dengan adanya jaringan Internet Wi-Fi, Warga bisa menghubungi sanak saudara dengan menggunakan jaringan internet sosial media WhatsApp, Facebook, Instagram dengan mudah. Bahkan bisa mengakses internet tanpa kendala.

Salah satu warga yang merasakan manfaat dari kehadiran Jaringan Internet Wi-Fi adalah Admiral (35).

Warga yang berprofesi sebagai Guru ini mengaku kehadiran jaringan internet Wi-Fi menjadi jawaban atas kesulitan warga dalam mengakses jaringan telekomunikasi melalui sosial media.

” Tidak ada sinyal sama sekali, kalau mau telepon atau SMS, harus jalan naik ke atas perbukitan. Kalau tidak harus pergi ke daerah lain yang ada sinyalnya,” katanya, ketika diwawancarai oleh bakaba.net  Selasa (16/06).

Tidak itu, dengan memanfaatkan internet Wi-Fi, Admiral mengaku usaha warung miliknya juga semakin berkembang.

Setiap hari, di kios warungnya yang memiliki fasilitas Wi-Fi internet banyak didatangi oleh warga yang mengakses internet atau hanya sekadar mencari sinyal untuk komunikasi.

Dengan banyaknya warga yang mengakses jaringan telekomunikasi di warungnya, menurut Admiral, penghasilannya semakin meningkat.

Warga yang mengakses jaringan telekomunikasi juga membeli makanan atau sekadar minuman yang dijualnya. Bahkan omset penjualan voucher Wi-Fi internet bisa mencapai Rp ±9 juta perbulan.

“Kalau malam itu bisa belasan orang yang nongkrong ( sekaligus mengakses jaringan telekomunikasi media sosial Wi-Fi internet),” jelasnya.

Sementara itu Kepala Jorong Taratak Teleng  Pera Eka Datra mengaku sejak kehadiran jaringan internet Wi-Fi di wilayahnya, layanan kepada masyarakat dan urusan ke kantor wali nagari semakin lancar.

Saat ini warga bisa dengan mudah menghubungi sanak keluarganya yang ada di luar daerah. Tak hanya itu, kehadiran Wi-Fi internet juga memudahkan pemerintah jorong dan nagari dalam membuat laporan ke tingkat atas.

“Sekarang layanan kepada masyarakat dan laporan ke vertikal menjadi lancar. Kami sangat terbantu,” ucapnya.

Layanan WiFi ini juga membantu  pelajar dan mahasiswa yang tinggal di Jorong Taratak mengikuti proses belajar mengajar yang dilakukan secara daring.

Warga Jorong Taratak Teleng, Nagari Sariak Alahan Tigo, juga memanfaatkan jaringan internet Wi-Fi dengan memasarkan produk-produk yang dihasilkan di wilayahnya melalui internet sehingga bisa menjangkau wilayah pemasaran yang lebih luas. (Feri Ilham Dani)

print

Leave a Reply