Gadih Sontiang Sungayang Berikan Bantuan Bibit Durian Unggul

Gadih Sontiang Sungayang Berikan Bantuan Bibit Durian Unggul

- in EKBIS, Headline, TANAH DATAR
446
0

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi melakukan penanaman secara simbolis bantuan bibit durian di Nagari Sungayang. Bantuan durian unggul tersebut berasal dari Gadih Sontiang Sungayang dengan varian Matahari, duri hitam, Musangking, Montong dan Kanjau.

Pemberian bibit unggul durian yang lansung didatangkan dari Bogor ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Sungayang.

Hadir dalam penanaman secara simbolis bibit durian unggul tersebut Ass 1 Drs Mukhlis, Kabib Pol PP, Forkopimca, Pembina Gadih Sontiang Jusmasri, Ketua Gadih Sontiang Rini Isa, Harry Capry artis senetron asal Sungayang dan perantau.

kegiatan penanaman secara simbolis bantuan durian unggul ini merupakan rangkaian sunatan masal ketujuh yang dilaksanakan islamuc center dan untuk kali ini bekerjasama dengan gadih sountiang

“Ini bukan bantuan pertama tetapi akan ada bantuan berikutnya”, ujarnya

Sementara dalam sunatan direncanakan 150 orang dan yg tersedia 93 dan 86 merupakan dari bantuan gadih sountiang

Ketua Gadih Sounting Sungayang Hj. Reni Isa gadih sounting 28 tahun yg lalu berawal dari kelompok arisan di Jakarta namanya Gadih Jorong Ompek Sungayang, anggotany hanya 30 orang.

“Dulunya juga merupakan arisan dari rumah ke rumah, tapi sekarang sudah banyak melakukan berbagai kegiatan sosial”, ujarnya. Karena kegiatan yang diusung Gadih Sontiang ini positif makanya juga didukung uda cogah salah satunya Harry Capry tambahnya.

Gadih Sontiang Sungayang bertekat menjadikan Sungayang nagari buah yang akan mensuport berton-ton jenis buah ke daerah lainnya di Indonesia bahkan bisa untuk komunity ekport. Untuk tahap awalnya Gadih Sontiang memberikan bibit durian yang akan di tanam di pekarangan rumah masyarakat di sepanjang jalan Sungayang.

Bantuan bibit unggul ini Kalau berhasil akan dilanjutkan dengan bantuan buah lainnya, dengan target Sungayang bisa menjadi kota buah.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi kegiatan yg bisa di pertahankan, pasalnya tiga pilar pembangunan yaitu pemerintah, masyarakat dan perantau dan potensi perantau jauh lebih besar di banding pilar lainnya. Karena besarnya potensi perantau maka di beri ruang khusus.

“Saat ini sudah ada IKTD Nusantara yang akan menghimpun seluruh IkTD lainnya”, ujarnya.

Bantuan bibut durian sudah bisa berbuah dalam jangka 4 tahun dengan perawatan yang baik, hal ini tentunya akan meningkatkan perenomian masyarakat.

Sementara potensi lainnya Sungayang lainnya seperti Sulam, Dalamak dan lainnya.

Setelah ini akan tumbuh durian montong yang akan menjadi komoditi unggul, untuk perlu buat kegiatan yang bisa mendatangkan banyak wisatawan ke Sungayang seperti festival durian, dengan festival maka juga akan muncul berbagai kuliner lainnya.

“Hal itu akan mendatangkan banyak orang ke Sungayang. Dalam festival tampilkan seluruh jenis durian dari berbagai daerah”, tutup bupati.

print

Leave a Reply