Ermon Revlin : Dinas Kesehatan Tanah Datar Tindak Lanjuti Permen Bermasalah

Ermon Revlin : Dinas Kesehatan Tanah Datar Tindak Lanjuti Permen Bermasalah

- in Headline, KABA NAGARI
810
0

Batusangkar, Bakaba–Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar dr. Ermon Revlin, MPH memerintahkan langsung stafnya untuk menghimpun data tentang adanya dugaan jajanan yang diduga mengandung zat kimia pasca jatuhnya korban Rival (8 thn) Siswa SD 10 Barigin Kecamatan V Kaum Tanah Datar. Rival di duga makan permen berbentuk semprotan yang mengakibatkan korban kejang-kejang dan mulut mengeluarkan darah.

Data-data yang di himpun tersebut menurut Ermon Revlin ketika menjawab bakaba.net di Batusangkar Jum’at (13/10) meliputi lokasi korban membeli jajanan, jenis jajanan serta data-data lainnya. Berdasarkan data tersebut selanjutnya akan diambil tindakan yang tepat, baik itu pemeriksaan di labor yang bekerjasama dengan BP POM untuk memeriksa kandungan kimia yang terdapat pada jajanan anak sekolah tersebut.

Sejauh ini menurut Ermon, belum bisa memastikan penyebab korban Rival mengalami kejang-kejang, mulut mengeluarkan darah serta efek lainnya. Pasalnya hal ini masih dalam tahap pengumpulan informasi lebih lanjut.
Ermon menjelaskan dugaan keracunan yang di sebabkan permen ini perlu segera ditindak lanjuti, agar tidak ada korban berikutnya. Tetapi hal lain yang perlu di analisa yaitu sejauh ini hanya ada satu korban, apakah saat itu hanya korban Rival yang membeli permen atau permen yang dikomsumsi sudah kadaluarsa sehingga bereaksi tubuhnya dan bisa juga karena hal lain.

Untuk mengetahui penyebab Rival kejang-kejang dan mulut mengeluarkan darah perlu di lakukan uji labor tentang zat-zat kimia yang sempat dikomsumsi korban.
Ermon Revlin mengatakan Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Polres Tanah Datar, Pol PP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta OPD terkait rutin melakukan kunjungan kesekolah-sekolah untuk memberikan penyuluhan jajanan sehat serta melakukan penyitaan terhadap jajanan yang mngandung zat kimia.

Untuk menghindari anak-anak jajan tidak sehat di sekolah Ermon Revlin menghimbau para orang untuk menyiapkan bekal bagi anak-anak, agar anak-anak tidak membeli jajanan disekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar Drs. Abrar mengatakan para guru dan Kepala Sekolah setiap saat tidak membeli jajanan di luar lingkungan sekolah, apalagi kepada pedagang-pedagang yang mengelar lapak-lapak mereka diluar pagar sekolah. Pasalnya pihak sekolah tidak dapat menjamin jajanan tersebut baik dari sisi kebersihan maupun kandungan gizinya.

Sementara Petugas Pol PP menurut Abrar rutin melakukan penertiban terhadap pedagang yang mengelar dagangan mereka di luar pagar sekolah, tetapi biasanya mereka datang lagi ketika Pol PP sudah pergi dan banyak juga pedagang Jajanan yang mengunakan sepeda motor yang berkeliling dari satu sekolah kesekolah lainnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Ir Nuryeddisman, Pol PP selalu keliling untuk menertipkan pedagang diluar pagar sekolah, tetapi biasa pedagang main kucing-kucingan dengan petugas, ketika ada petugas mereka mengemas dagangan dan pergi, ketika petugas pergi mereka kembali mengelar barang dagangan mereka. (TIA)

print

Leave a Reply