Demi Masa Depan Bangsa, Panwas Sumbar Minta Generasi Muda Kawal Pemilu 2019

Demi Masa Depan Bangsa, Panwas Sumbar Minta Generasi Muda Kawal Pemilu 2019

- in Headline, POLITIK
305
0

Batusangkar, Bakaba—Panwaslu (Panitia Pegawas Pemilihan Umum) Sumbar meminta kepada generasi muda yang sudah memiliki agar dapat mengawal pelaksanaan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, Presiden Dan Wakil Presiden, Dan Anggota DPRD Tahun 2019, terutama menyangkut kecurangan.

“Jika ada terjadi kecurangan di TPS hingga perhitungan suara selesai, segera laporkan kepada Panwas Kecamatan atau Panwas Kecamatan,” kata anggota Panwaslu Propinsi Sumbar Lusy Rahmawati, SH ketika memberikan paparan dalam acara sosialisasi Pemilu 2019 di Hotel Ermersia Batusangkar, Kamis (21/12).

Dikatakan, kita mengharapkan Pemilu 2019 dapat berjalan dengan lancer, aman, jujur dan adil tanpa adanya kecurangan-kecurangan di tempat pemungutan suara. Untuk mengawal ketimpangan ini bukan hanya tanggung jawab KPU (Komisi Pemilihan Umum) red.) dan Panwaslu semata, tetapi adik-adik diharapkan dapat berpartisipasi didalamnya.

Ia berharap kepada generasi muda agar tidak hanyut dengan image yang berkembang ditengah-tengah masyarakat yang mengatakan, buat apa repot-repot ikut memilih, toh yang akan menikmati hasilnya orang yang kita pilih juga. Kemudian, memilih tidak memilih hidup kita akan seperti ini juga.

“Salah satu penyebab kasus SN karena kurangnya partisipasi masyarakat dalam Pemilu sebelumnya, sehingga duduklah orang-orang yang bermental kurang baik dan merugikan bangsa dan negara,” kata Lusy menambahkan.

Menanggapi masalah ini, salah seorang Pemantau Pemilu Asnul mengatakan, berdasarkan kenyataan di lapangan, ternyata tidak seluruh Caleg merupakan kader partai. Ada sebahagian karena memiliki uang banyak mendaftarkan diri sebagai Caleg, sehingga tanggung jawab terhadap partai dan audien tidak ada.

“Pernah kita mendengar, kenapa setelah duduk sebagai anggota legislatif tidak mau tahu lagi dengan kami, dijawabnya kan semua sudah saya bayar waktu menjelang Pemilu,” kata Asnul mengutip pembicaraan yang berkembang ditengah-tengah masyarakat.

Selain Panwaslu Propinsi Sumbar juga memberikan paparan dalam kesempatan tersebut anggota Panwaslu Kabupaten Tanah Datar Yuli Fatry, S.Pd yang pada umumnya banyak berbicara tentang Pelanggaran yang mungkin terjadi pada Pemilu 2019.

“Sebelum hal ini terjadi, kami perlu mengingatkan kepada Panwas Kecamatan dan adik-adik pemilih pemula agar sama-sama mencermatinya serta sama-sama mengawal pelaksanaannya dengan baik,” kata Yuli Fatry.

Sosialisasi ini diikuti 38 peserta berasal dari siswa SMTA, mahasiswa dan anggota Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Tanah Datar.(WD)

print

Leave a Reply