Deklarasi Jhon Enardi Lukai Hati Ninik Mamak Batipuh X Koto

Deklarasi Jhon Enardi Lukai Hati Ninik Mamak Batipuh X Koto

- in Headline, News, PADANG PANJANG
1989
0
PADANG PANJANG,  bakaba.net — Deklerasi Balon Bupati Tanah Datar Jhon Enardi Datuak Gadang Bandaro Kayo melukai hati Ninik Mamak Batipuh X Koto.  Pasalnya sejauh ini Ninik Mamak di kedua daerah itu belum menentukan Balon Bupati Tanah Datar 2021 – 2026 mendatang yang akan diusung dari X Koto dan Batipuh.
“Ninik Mamak Batipuh X Koto belum menetapan Balon yang diusung,  tahu-tahu Jhon Enardi Datuak Gadang Bandaro Kayo sudah deklarasi dengan membawa-bawa Ninik Mamak”, ucap Basrizal Datuak Pengulu Basa menjawab bakaba.net  di Padang Pangang Selasa (08/10).
Deklarasi yang dilakukan Jhon Enardi Datuak Gadang Bandaro Kayo tampa melakukan musyawarah  dengan Ninik Mamak Batipuh X Koto,  hal ini sebut Basrizal Datuak Pengulu Basa yang merupakan Ketua KAN Batu Taba ini jelas melukai hati Ninik Mamak.
“Tindakan yang dilakukan Jhon Enardi Datuak Gadang Bandaro Kayo itu sama dengan “Kancang Mendahului”, padahal selaku Ninik Mamak Jhon Enardi harus paham hal itu”, tegas Basrizal Datuak Pengulu Basa.
Hal yang sama juga diungkapan B. Datuak Tuo, deklarasi Jhon Enardi yang membawa-bawa Ninik Mamak Batipuh X Koto tanpa melalui musyawara dan mufakat yang melibatkan Baipuh X Koto.
“Tahu-tahu Jhon Enardi sudah melakukan deklarasi yang membawa-bawa Ninik Mamak”, ujar politisi PAN ini.
Selama ini dikalangan Ninik Mamak Batipuh X Koto baru membicarakan sosok yang akan diusung menjadi Balon bupati dalam Pilkada Tanah Datar tahun 2020. Tetapi dalam pembicaraan itu belum diputuskan Balon yang akan didukung.
Sebelumnya Ikatan keluarga malalo (IKMAL) dan berserta ninik mamak Batipuah X koto deklarasikan Jhon Enardi Dt. Gadang Bandaro Kayo sebagai bakal calon Bupati Tanah Datar periode 2021-2026.
Deklarasi yang dilakukan putra asli suku jambak Nagari Guguak Malalo Minggu (05/10) lalu itu kabarnya  sudah melalui proses adat oleh ninik mamak di balai adat duo koto Guguak Malalo. (TIA)

print

Leave a Reply