Dandim 0307 Tanah Datar Edi S Harahap Kukuhkan Panitia Wirabraja Pacu Kuda Open Race 2018

Dandim 0307 Tanah Datar Edi S Harahap Kukuhkan Panitia Wirabraja Pacu Kuda Open Race 2018

- in Headline, TANAH DATAR
342
0

Batusangkar, bakaba – Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Inf. Edi S Harahap mengukuhkan panitia Wirabraja pacu kuda open race dan tradisional yang digelar di lapangan Dang Tuanku Bukit Gombak Batusangkar 21 -22 Oktober mendatang.

Pengukuhan oleh Dandim 0307 Tanah Datar yang bertindak selaku Ketua Panitia dalam ivent Wirabraja pacu kuda race dan tradisional ini berlansung di aula Makodim setempat Kamis (18/10) malam.

Dalam susunan panitia yang dikukuhkan tersebut mengikut sertakan tiga nagari yang ada di Tanah Datar yaitu Nagari Baringin Kecamatan V Kaum, Nagari Saruaso dan Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas disamping ada personil TNI, Polri dan ASN di lingkungan Pemkab Tanah Datar.

Edi S Harahap sebut ivent pacu kuda tahun 2018 ini dalam rangka memperingati HUT TNI ke 73 di wilayah Korem 032 Wirabraja.

Pacu kuda itu sendiri menurutnya merupakan permainan anak Nagari di Ranah Minang dalam bentuk ajang lomba yang berwujud olaraga dan sudah menjadi agenda tetap Pordasi Sumatera Barat.

Berdasarkan historis pacu kuda di Sumatera Barat ternyata sudah berkembang sejak pemerintahan Hindia Belanda dibawah organisasi Ren Varenaking. Ren Varenaking itu sendiri hanya ada di setiap Luhak yang ada di Minangkabau.

Ren Varenaking pada tahun 1912 lalu membentuk berhimpunan Rebond Minang yang kemudian berkembang menjadi tradisi alek anak nagari atau pesta rakyat.

Untuk mendukung pelaksanaan alek anak nagari sebut Edi S Harahap Pemkab Tanah Datar rutin menganggarkan dana pembinaan olahraga berkuda itu dan sudah berlansung selama tiga tahun.

Dana pembinaan yang bersumber dari APBD tersebut untuk memotivasi para peternak kuda pacuan, pemilik kuda dan joki di Sumatera Barat. Pasalnya ivent pacu kuda yang menganut nilai-nilai budaya ini juga berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat (TIA)

print

Leave a Reply