Bupati Irdinansyah Tarmizi Sebut Tanah Datar Siap Jadi Tempat Grand Star TdS

Bupati Irdinansyah Tarmizi Sebut Tanah Datar Siap Jadi Tempat Grand Star TdS

- in Headline, PARIWISATA, TANAH DATAR
278
0

Batusangkar, bakaba – Bupati Tanah Datar Irdinansyah Zarmizi mengatakan siap menjadi tempat grand star pada pelaksanaan TdS 11 tahun 2019 mendatang. Pasalnya pelaksanaan TdS sejak tahun 2009 berdampak terhadap kunjungan wisatawan ke Tanah Datar.

“Tanah Datar siap menjadi tempat grand star TdS yang ke 11 tahun 2019 mendatang”, sebut Bupati Rabu (06/11) di Istano Basa Pagaruyung dalam penyambutan finis TdS 2018.

Pada kesempatan itu didepan perwakilan Kemenpar Raseno Aria menyebut dab berharap ivent TdS 2018 lebih mengkokohkan istano Basa Pagaruyung sebagai icon pariwisata penting di dunia akan di kenal di Nasional maupun International.

Dampak pelaksanaan TdS sejak tahun 2009 lalu dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Tanah Datar. Kunjungan wisata 2017 sebanyak 1.246.000 kunjungan itu diatas target 1.025 ribu sementara kunjungan 2018 menargetkan 1.050 orang

Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Tanah Datar sebut Bupati akan meningkatkan ekononi masyarakat, apalagi Tanah Datar mempunyai lokasi yang sangat strategis tepat ditengah provinsi Sumatera Barat yang di percaya sebagai asal usul etnis Minangkabau

Etape 3 TdS yang mengambil finis di Istano Basa Pagaruyung yang berasal dari 14 negara melewati istano Basa Pagaruyung sebanyak 2 kali dan pada putaran ketiga baru memasuki garis finis.

Ratusan masyarakat yang berdiri pada sisi kanan dan kiri ruas jalan istano Basa Pagaruyung sangat antusias menyambut kedatangan pembalap bertaraf internasional di di garis finis.

Musik talempong pacik dan sorak dan tepuk tangan para penonton menambah kemeriahan ivent tahunan itu.

Sementara Bupati Tanah Datar bersama unsur forkopimda terlihat melambaikan tangan ketika para pembalap melalui panggung kehormatan.

Pada stage 3 – Selasa, 6 Oktober 2018 Tanah Datar menjadi lokasi finis dengan rute Kabupaten Solok – Tanah Datar (150,4 km), Star Dermaga Singkarak Saniang Baka – Batu Taba – Simpang Kubu Karambie – Simabur – Pasar Batusangkar – Gedung Indojalito- Gedung Nasional – Finish Istano Basa Pagaruyuang (1xloop), lalu lanjut ke Saruaso -Bukik Gombak – SD bertingkat Dobok – Pincuran Tujuh – Pasar Batusangkar – Gedung Nadional Maharajo Dirajo – Simpang Pos dan finis di istano Basa Pagaruyung. (TIA)

print

Leave a Reply