Betti Shadiq ke Rutan Batusangkar, Warga Binaan Keluhkan Masalah Kesehatan

Betti Shadiq ke Rutan Batusangkar, Warga Binaan Keluhkan Masalah Kesehatan

- in Headline, PARLEMENTARIA
687
0

Batusangkar, Bakaba–Warga Binaan Rutan Klas II Batusangkar berharap ada pemeriksaan rutin kesehatan setiap bulannya. Pasalnya selama ini ketika sakit mereka hanya dikasih dua jenis obat yaitu paracetamol dan CTM. Pemberian dua jenis obat tersebut tanpa pemeriksaan oleh para medis apalagi dokter.

Hal itu diungkapan warga binaan LP Klas II Batusangkar kepada Betti Shadiq Pasadigoe anggota Komisi IX DPR RI ke Rutan Batusangkar Selasa (19/12).

Lebih lanjut Merialdi mengatakan kondisi LP yang kurang fentilasi dan tidak adanya ruang gerak bagi penghuni warga binaan, mengakibatkan banyak warga terserang penyakit, tetapi selama ini belum ada pemeriksaan rutin kesehatan oleh Dinas terkait. Kalaupun ada yang sakit, hanya diberi obat paracetamol dan CTM.

Seperti saat ini hampir semua penghuni LP terserang batuk karena perubahan cuaca dan kondisi Rutan yang lembab. Untuk menjaga kesehatan warga binaan sangat dibutuhkan pemeriksaan rutin kesehatan, agar terpantau kondisi kesehatan warga.

Kepala Rutan klas II Batusangkar Wiwid Feryanto Rahadian mengakui tidak adanya pemeriksaan rutin kesehatan oleh Dinas terkait.

Sementara menurutnya pihak Rutan sudah melakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat, tapi sejauh ini belum ada pemeriksaan rutin oleh Puskemas yang di tunjuk ke LP Batusangkar.

Menurut Wiwid selama ini setiap bulannya selalu ada warga binaan yang terpaksa di larikan ke RSUD Ali Hanafia Batusangkar, karena terserang penyakit dan setiap rujukan petugas LP harus mengeluarkan anggaran Rp. 250.000 yang berasal dari kantong para petugas, sementara LP tidak punya anggaran tersebut.

Wiwid berharap agar Puskesmas V kaum yang ditunjuk Dinas Kesehatan agar melakukan pemeriksaan rutin kesehatan bagi warga binaan, hal ini untuk memantau dan menjaga warga binaan tetap sehat.

Menagapi hal ini Betti Shadiq Pasadigoe lansung melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Tanah Datar, agar dinas tersebut melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga binaan.

Pada kesempatan tersebut Betti juga meminta kepada petugas LP untuk mendata warga binaan yang belum memiliki kartu BPJS agar dapat dilakukan pengurusannya secara kolektif.

Komisi IX DPR RI membidangi Tenaga Kerja, Transmigrasi Kependudukan dan Kesehatan, BPJS termasuk dalam Bidang Kesehatan. Untuk memudahkan pengurusan kartu BPJS bagi warga binaan, Betti Shadiq Pasadigoe akan melakukan koordinasi dengan BPJS, sehingga ketika warga binaan sakit dapat mengunakan kartu tersebut.

Betti Shadiq Pasadigoe mengakhiri kunjungan ke LP Batusangkar dengan berpesan kepada seluruh warga binaan agar tabah dan ikhlas menjalani sisa hukuman, selanjutnya kembali ke tengah-tengah masyarakat dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama.(TIA)

print